Organization Skill

Di tengah kegiatan General Orientation, kami sebelumnya sudah disampaikan bahwa Binusian hendaknya tidak hanya menjadi mahasiswa yang smart secara kemampuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki keahlian non teknis (yang biasanya disebut dengan soft skill) yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu diantara soft skill tersebut adalah organizational skill atau kemampuan berorganisasi. Kemampuan berorganisasi di Binus diukur berdasarkan poin SAT yang berhasil dikumpulkan oleh mahasiswa yang bisa didapatkan melalui beberapa organisasi yang diambil oleh Binus. Poin SAT sendiri menjadi syarat kelulusan yang diwajibkan oleh pihak universitas sehingga kami disini secara tidak langsung didorong untuk mengambil pengalaman berorganisasi sebanyak banyaknya.

Melalui kegiatan Bunga Rampai dan EXPO, kami dapat memilih organisasi atau Unit Kegiata Mahasiswa (UKM) apa yang hendak kita ambil sebagai seorang mahasiswa. Saya pribadi memilih 3 UKM yang menjadi ketiga UKM utama. UKM tersebut diantaranya adalah : BNCC, Aikido dan B-Preneur. Apa alasan saya memilih ketiga UKM tersebut? Saya memilih BNCC sebagai UKM utama yang hendak saya ikuti karena visi pribadi saya adalah membangun bisnis Startup yang bergerak di bidang teknologi. Saya memerlukan ilmu lebih dalam tentang teknis dari dunia komputer itu sendiri maupun informasi dan wawasan tentang perkembangan industri di dunia komputer. Selain ilmu, saya juga berniat untuk mendapatkan koneksi ke mentor mentor yang pernah menjalankan bisnis Startup dan menemukan partner yang tepat yang memiliki visi yang sama dan arah yang sama untuk membangun bisnis startup dan membawa impact positif bagi masyarakat. Saya memilih B-Preneur karena saya memiliki usaha sendiri di bidang Food and Beverage sehingga saya membutuhkan koneksi ke pihak l.ain yang memiliki usaha juga untuk saling belajar dari pengalaman mereka masing masing. terakhir saya memilih Aikido karena saya ingin belajar bela diri dan mengisi waktu saya untuk mengambil kegiatan berolahraga dan Aikido sebagai ilmu bela diri yang paling harmonis dan lembut cocok dengan kepribadian saya. 

Skill berorganisasi ini saya pelajari dengan menjadi aktivis dalam UKM BNCC. BNCC awalnya membuka launching pada awal periode AO dan membuka kesempatan bagi kami yang ingin mendaftar menjadi aktivis untuk berpartisipasi dalam kegiatan calon aktivis. Dalam menjadi calon aktivis kami memiliki tugas untuk menyelesaikan quest yang beraneka ragam. Menurut saya ini adalah sebuah UKM di Binus yang memiliki iklim sangat baik untuk pengembangan diri karena dibanding UKM lain yang menurut saya hanya berfokus pada kegiatan mengisi waktu luang, BNCC mengisi waktu luang dengan mengembangkan diri bagi para anggotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *